Mantan Bupati Purworejo Marsaid Serahkan Diri

Mantan Bupati Purworejo Marsaid menyerahkan dirikepada Kejaksaan Negeri (kejari) Purworejo untuk dieksekusi.

Penyerahan diri menyusul turunnya keputusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA) terkait kasus korupsi APBD Kabupaten Purworejo 2004. Dengan demikian, Marsaid telah menjadi terpidana dan dijebloskan ke dalam Rumah Tahanan (Rutan) Purworejo mulai Minggu (5/12) malam. Kasasi nomor 1722K/Pidsus/- 2010 ini diterima Kejaksaan Negeri Purworejo pada Senin (29/11). Kasasi ini hanya memperkuat putusan dari Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang menjatuhkan vonis selama satu tahun dan denda Rp50 juta subsider tiga bulan kurungan penjara. Kasasi ini dikeluarkan oleh MA tertanggal 24 Mei 2010. “Sebenarnya, Marsaid akan dieksekusi Senin ini (kemarin) tetapi dia justru datang ke Kejaksaan pada Minggu malam dan langsung kita eksekusi,” kata Kajari Purworejo Erwin Desman kemarin. Menurut Erwin, Marsaid tergolong cukup kooperatif. Dalam beberapa tahapan sebelumnya, dia selalu memenuhi panggilan penyidik dan nyaris tidak pernah mangkir. Termasuk memenuhi kewajibannya atas putusan kasasi yang membuat Marsaid kembali menjadi narapidana. Sebelumnya, yang bersangkutan juga pernah mendekam di rutan karena tersandung kasus pengadaan buku Balai Pustaka.

Dari memori kasasi, negara dalam hal ini Pemkab Purworejo mengalami kerugian senilai Rp5,9 miliar. Modus kasus ini juga pada pengadaan buku yang didanai dari APBD. Saat ini Kejari masih menunggu memori kasasi atas dua terdakwa lain yakni rekanan dai Yayasan Komunitas Yogyakarta Didit Abdul Majid dan mantan staf ahli bupati, Fathullah.

Sebelumnya, Didit divonis dengan dua tahun penjara dan Fathullah dengan satu tahun penjara. “Pada kasus ini ada empat orang, mantan kepala kas daerah Suyadi terlebih dulu dieksekusi dengan pidana satu tahun penjara,”ungkapnya.

Sementara itu,Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Purworejo Sarwo Edhi mengatakan para terpidana masih bisa menempuh upaya hukumterakhir dengan mengajukan peninjauan kembali atas putusan ini ke MA. Namun,upaya ini tidak mengurangi proses eksekusi karena telah memilikikekuatanhukumtetap.“ Kalau mereka akan ajukan PK,tentu akan kita hormati proses itu,”ujarnya. Kepala Rutan Purworejo Winduarto membenarkan Marsaid telah menjalani masa tahanannya.

Kini Marsaid ditempatkan di Blok D sel 3 bersama dengan lima orang narapidana lain.“Dia menghuni di Blok D sel ketiga,”kata Winduarto. (kuntadi)

Seputar Indonesia

About these ads
Tag:

One Comment to “Mantan Bupati Purworejo Marsaid Serahkan Diri”

  1. Hallah tonggo ndesoQ di tahan neh,, :D

    Jaman saiki arep dadi pemimpin Modale gede,, nek mung nggandelKe gaji 5 tahun khayane ra nyucuk.. pantes nek do gede”an korupsi,,

    roto” nek wes medun seko jabatane ketok eleke kabeh,,

    Eling” poro menungso, bondo ndunyo nek wes mati ora bakal digowo..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: